Monday, September 2, 2013

10 singkatan kata bahasa Perancis untuk SMS dan Chatting

Belajar bahasa perancis? Saya juga. Yuk kita belajar kosakata baru yang unik dan gaul di kalangan remaja pemakai handphone. Sebenarnya ada bedanya bahasa gaul (langage de jeunesse) dan bahasa sms (langage de texto atau langage sms), karena bahasa sms/chating ini sendiri adalah bagian dari bahasa gaul. Namanya juga bahasa gaul bahasa Perancis, tak jauh-jauh berbeda dengan cara pembentukan bahasa gaul di Indonesia. Ada minimal 3 cara untuk membuat bahasa gaul atau singkatan bahasa sms/chatting. 
foto dari sini

1. Menggunakan singkatan seperti BJR untuk bonjour (selamat pagi).
2. Menggunakan huruf yang pelafalannya mirip dengan kata yang kita inginkan seperti OCP untuk occupé (O - CCU - PÉ)
3. Meniadakan huruf yang takterbaca seperti parl untuk parle


Kali ini saya akan memberikan 10 singkatan kata bahasa Perancis yang sering digunakan untuk sms dan chatting. Bahasa gaul Perancis yang mudah dan lazim saja, tak sampai memusingkan seperti g1id2kdo (j'ai un idée de cadeau = aku punya ide kado apa). Hahaha... bahasa sms gaul bahasa Perancis yang seperti ini tak baik dikonsumsi bagi ginjal kita jika belum siap. Jangan tanya apa hubungannya karena saya hanya bercanda saja. Hahaha...

Inilah 10 bahasa gaul Perancis yang mudah dan lazim digunakan:

6né (Cinéma) atau bioskop
B1sur (biensur) atau tentu saja
Biz (bisous) atau kisses
Bjr (bonjour) atau halo
CAD (c’est a dire) Yaitu
FDS (fin de semaine) atau week end
JTM (je t’aime) atau aku mencintaimu
Qqn (quelqu’un) atau seseorang
STP (s’il te plaît) atau tolong (please)
Sava (Ça va) atau apa kabar?

Masih banyak singkatan lain yang bisa digunakan. hafalkan dulu yang 10 bahasa gaul Perancis ini ya... lain waktu kita belajar 10 kata lagi. Jangan lupa sering-sering kembali kemari karena saya akan posting 2 hari seminggu, yaitu hari Selasa dan Jumat. Saya harus membagi waktu dengan blog utama saya, Blogsusindra dan blog mini berpenghasilan maksi saya. 

Merci beaucoup et bonne journée..

No comments:

Post a Comment

Author