Tuesday, September 17, 2013

6 Kata Dasar Untuk Menyapa Dalam Bahasa Perancis

Melihat orang Perancis dan ingin menyapa? Mudah, kok. Pasti pernah mendengarnya. Pilih saja salah satu yang cocok di bawah ini.
1.    Bonjour!
2.    Bon Après-midi!
3.    Bonsoir!
4.    Bon Nuit!
5.    Salut!
6.    Allô!

Mudah, kan? Tentu saja. Bahasa Perancis itu ga  sulit, kok! Biar lebih faham, baca keterangan di bawah, ya!
Bonjour! Artinya Halo! Dalam bahasa formal. Arti harfiahnya selamat pagi. Namun sapaan ini dapat digunakan sepanjang hari, dari pagi sampai sore. Jadi pede saja kalo menyapa orang Perancis dengan sapaan ini.




Bon Après-midi! Artinya Halo! dalam bahasa formal. Biasanya dipakai dari siang (setelah 12 siang) sampai sore. Banyak yang mengartikan selamat siang, padahal kita tetap dapat menggunakannya pada jam 5 sore lho. Lalu apa bedanya dengan bonjour? Bon après-midi ini lebih spesifik menyatakan waktunya. Dan silahkan pilih salah satu yang Anda suka, dan jangan ragu menggunakannya.

Bonsoir! Artinya selamat malam. Boleh juga diartikan halo, namun harus digunakan setelah jam 6 petang. Alors, pake bonsoir, ya kalau menyapa di malam hari.

Bon Nuit! Artinya selamat malam. Nah, selamat malam yang ini beda lho sama bonsoir di atas. Yang ini lebih ke ‘Selamat Tidur’ dan dapat berarti selamat berpisah.

Salut! Juga berarti Halo! Dalam bahasa informal. Sapaan ini juga popular dan paling sering dipakai. Tentu saja. Karena sapaan ini yang paling fleksibel. Bias digunakan dari pagi sampai pagi lagi. Syaratnya, kita sudah akrab dan sebaya. Mudah, kan? Jadi, biasakan menyapa salut pada teman kita, ya!

Allô! Hanya digunakan dalam sapaan di telpon. Tidak lazim digunakan untuk pertemuan langsung.
Bagaimana? Tidak sulit, kan? Buat teman-teman yang pernah belajar bahasa Perancis tentu melihat persamaan di antara bahasa Perancis dan Inggris. Kalau masih bingung, jangan nyerah dulu. Gunakan saja sapaan abadi. Bonjour dan Salut. Semua bule Perancis pasti bahagia disapa dalama bahasanya.

Jangan lupa kembali kemari untuk belajar! Bon Travail!

No comments:

Post a Comment

Author